Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Tips Keuangan untuk Mengatasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

 


Pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah momen yang bisa mengguncang kestabilan keuangan. Hal ini sangat penting, terutama bagi pasangan muda yang biasanya memiliki dua sumber penghasilan dari suami dan istri. Bagaimana kita bisa mengelola keuangan saat salah satu dari pasangan kehilangan pekerjaannya?

Metta Anggriani, seorang perencana keuangan dan pendiri Daya Uang, memberikan saran yang sangat bermanfaat. 

"Saat salah satu pasangan kehilangan pekerjaan, kita berubah dari dua penghasilan menjadi satu penghasilan," katanya dalam Media Workshop Allianz Life pada Rabu (13/9/2023). 

Dia menyarankan agar kita merenungkan kembali bagaimana kita mengelola uang kita. Cara pertama adalah dengan melihat kembali bagaimana kita biasanya membagi pengeluaran berdasarkan penghasilan sebelumnya. 

Biasanya, orang membagi pengeluaran mereka menjadi 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk keinginan pribadi, dan 20 persen untuk tabungan atau investasi.

"Jika ada PHK, kita mungkin harus mengurangi jumlah yang kita tabung atau pengeluaran untuk hal-hal yang kita inginkan," tambahnya. 

Di sisi lain, pengeluaran untuk kebutuhan pokok biasanya sulit untuk dikurangi karena harus segera dipenuhi. Pekerja yang kehilangan pekerjaan juga perlu segera mencari pekerjaan baru. Ini disebabkan oleh kenyataan bahwa kita masih memiliki tagihan dan kebutuhan yang harus dipenuhi.

"Kita harus tetap menjalankan kehidupan sehari-hari kita, jadi yang penting adalah mengatur keuangan dengan bijak," jelasnya.

 

sumber: KOMPAS.com

Kena PHK? Simak Tips Keuangan Ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kena PHK? Simak Tips Keuangan Ini", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/09/14/124100426/kena-phk-simak-tips-keuangan-ini.
Penulis : Agustinus Rangga Respati
Editor : Erlangga Djumena

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Posting Komentar

0 Komentar