Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Mencegah Pembobolan ATM


Transaski menggunakan ATM merupakan kemudahan bagi nasabah Bank. Nasabah dapat menggunakan tabungannya untuk berbagai transaksi dan mengambil uang dimanapun berada. Namun kejahatan menggunakan skimmer (alat pencuri data nasabah di mulut ATM) mesin ATM marak terjadi, terutama di awal tahun 2010. Beberapa nasabah telah melaporkan kehilangan uangnya hingga ratusan juta rupiah.

Nah, sebaiknya kita mulai waspada dan mencegah terjadinya kejahatan lewat ATM tersebut, jangan sampai menimpa diri kita. Berikut tips untuk mencegah kebobolan uang di ATM :
  • Transaksi lewat ATM di lokasi yang aman, misalnya dekat dengan petugas keamanan atau tempat ramai.
  • Perhatikan mesin ATM tempat Anda melakukan transaksi. Jika terdapat benda yang mencurigakan di mulut ATM, segera laporkan kepada Bank terkait.
  • Jaga kerahasiaan PIN Anda.
  • Tutup jari Anda saat mengetikkan PIN dalam setiap transaksi di ATM.
  • Jangan mencatat nomor PIN di ATM Anda, karena dapat digunakan oleh orang lain jika ATM hilang.
  • Hindari menggunakan nomor PIN yang diambil dari tanggal lahir, nomor kartu ATM, nomor yang berhubungan dengan pemilik kartu ATM.
  • Pastikan kartu ATM sudah Anda ambil setelah transaksi.
  • Hubungi Bank jika kartu tertelan oleh mesin ATM.
  • Waspada terhadap orang yang meminta tolong untuk transfer uang ke rekening yang tidak Anda kenal.
  • Segera laporkan ke Polisi dan Bank jika dana Anda berkurang dengan cara yang mencurigakan. 
 Selain itu, melalui artikel ini perlu juga untuk diketahui mengenai cara penanggulangan pembobolan ATM, seperti di bawah ini:

  1. Perhatikan lubang masuknya kartu ATM, apakah ada keganjilan, kalau misalnya kelihatan ada solatip dan yang lainnya, sepatutnya anda curiga dan melaporkan hal ini ke petugas bank yang bersangkutan
  2. Perhatikan sekeliling anda, apakah ada benda-benda yang mencurigakan layaknya kamera (tetapi bukan kamera CCTV, biasanya seperti yang saya lihat di Metro, Kamera pengintai diletakan ditempat yang mengarah ke keypad ATM
  3. Gantilah PIN anda secara berkala, ini demi keamanan anda
  4. Usahakan tutup dengan tangan anda ketika anda mengambil uang, hal ini dimaksudkan agar PIN anda tidak terbaca oleh orang sebelah atau belakang anda. 
  5. Perhatikan juga daerah sekitar lubang tempat masuknya ATM, apakah kelihatan ganjil, informasi yang saya dapat, ada dudukan lubang ATM ganda kalau seorang penjahat bermaksud memata-matai pengguna ATM. atau
  6. Setelah Anda berhasil melakukan transaksi/pengambilan uang melalui ATM, segera masukan lagi ATM-nya lalu ketik PIN yg tidak benar (untuk mengelabui), kemudian  tekan Cancel agar ATM itu keluar.
sumber: www.tipskeluarga.com dan sumber lainnya.

    Posting Komentar

    0 Komentar