Jumat, 09 Juni 2017

7 Tips Belanja Online Fashion



Ada teman saya merasa kapok berbelanja online, terutama untuk produk fashion. "Apa yang tampil di website tidak sesuai kenyataannya dan sudah berkali-kali aku merasakan seperti itu." gitu alasannya. Apakah Anda juga merasa seperti itu?

Jaman sekarang, setiap orang bisa berjualan produk fashion secara online. Entah mereka memang ahli dibidang fashion ataupun hanya mencoba peruntungan bisnis di dunia online. Cara marketing pun mudah untuk dipelajari dan kadangkala hal itu bisa menjebak pembeli dan dengan mudah mengatakannya sebagai penipu. Mungkin para penjual itu tidak berniat menipu namun sebaiknya pembeli juga punya pengetahuan sebelum membeli.

https://member.boc.co.id/aff.php?aff=2845


Mari kita coba mengenali produk fashion itu sebelum membelinya:

1. Foto Produk Fashion

Penjual online biasanya ada yang menampilkan produk itu hanya fashion nya saja dan ada yang asli bersama sang model. Lebih baik bila fashion itu dibawakan langsung oleh si model  sehingga tahu komplit tampilan nya.

2. Bahan Produk Fashion

Faktor kenyamanan bahan adalah hal wajib yang menjadi pertimbangan dalam membeli. Jangan sampai Anda iritasi setelah menggunakan produk fashion tersebut. Pastikan Anda mengetahui jenis bahan nya agar tidak terjadi penyesalan. Bacalah dengan sabar keterangan produk tersebut. Jika tidak ada keterangan bahan, maka tanyakan kepada penjualnya.

3. Ukuran

Penjual online yang perduli dengan pelanggan biasanya menjelaskan secara detail produk fashion nya, termasuk dalam hal ukuran. Sebagai pembeli tentunya Anda harus mencocokan ukuran agar tidak terlalu sempit atau kedodoran. Pastikan Anda mengetahui ukuran produk fashion itu yang biasanya meliputi panjang baju/celana, ukuran lingkar pinggang/dada dan lain sebagainya.

4. Pahami Harga dan Kualitas Produk

Siapa sih yang tidak suka dengan murah? Sayangnya para pembeli online kurang awas antara kesesuaian kualitas produk fashion dengan harga. Apa yang terlihat bagus, menarik dan harganya murah, langsung dibeli. Padahal belum tentu harga murah maka dapat produk fashion yang berkualitas. Kemudian ada juga penjual yang memberi embel-embel produk import sehingga harga nya mahal. Kadangkala kata import ini menjebak. Pengetahuan akan harga pasar terhadap bahan baku sangat dibutuhkan oleh pembeli agar tidak terjadi kekecewaan. Tanya kembali ke penjual, kenapa murah? Apakah produknya punya level kualitas (KW) atau memang imitasi.




5. Kenali Penjual

Banyak produk fashion menarik di dunia online namun ada pula diantaranya yang berpotensi untuk menipu. Ketika menjumpai toko online yang punya produk menarik, jangan buru-buru bertransaksi. Kenali dulu toko online tersebut dengan memastikan ada nomor/email/fasilitas kontak dan bisa dihubungi. Lakukan testing kontak dulu. Kemudian untuk memastikan lagi, carilah testimonial tentang toko online itu, entah melalui forum ataupun di media sosial.

6. Kebijakan penjual

Jangan terburu-buru membeli. Pastikan Anda membaca kebijakan-kebijakan toko online tersebut, mulai dari garansi produk fashion, metode pembayaran atau pengembalian dana bila barang tidak diterima dalam kondisi bagus. Pastikan kebijakan itu tidak merugikan Anda.




7. Simpan Bukti Transaksi

Ketika sudah siap melakukan transaksi, simpanlah segala catatan transaksi yang terjadi semisal informasi nomor order dan kwitansi pembayaran digital. Bahkan resi dari jasa pengiriman harus disimpan. Semua hal itu digunakan sebagai jaga-jaga apabila ada hal yang tidak sesuai harapan dan bisa menjadi bukti pembelaan Anda.



sumber:BOC INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar