Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Strategi Doa untuk Mengatasi Kenaikan Biaya Haji


Meskipun biaya haji mengalami peningkatan, semangat untuk melaksanakan ibadah haji tetap harus dijaga.

Kementerian Agama dan DPR RI telah menyetujui kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2024 menjadi Rp 93,4 juta. Dengan demikian, calon jamaah haji 2024 perlu membayar Rp 56 juta, naik sekitar tujuh juta dari tahun sebelumnya.

Walaupun biaya haji mengalami kenaikan, semangat untuk menunaikan ibadah haji tidak boleh surut. Mungkin saja Allah membuka pintu rezeki dari arah yang tidak terduga, memudahkan seseorang untuk melaksanakan ibadah haji. Selain berusaha secara lahiriah untuk memenuhi biaya haji, seorang Muslim harus tetap berdoa agar dijalankan ibadah haji dengan lancar.

Berikut beberapa amalan dan doa agar Allah memudahkan menunaikan haji:

1. Memperbanyak Baca Sholawat

Memperbanyak sholawat dapat mempermudah terkabulnya hajat. Salah satu sholawat yang khusus agar dimudahkan beribadah haji adalah sholawat Syaikh Ahmad Qusyairi atau sholawat hajjiyah yang terdapat dalam kitabnya al-Wasiilatul Hariyyah Fi Al-Shalawati ‘ala khairil Bariyyah.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ أَفْضْلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهٖ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ.

(Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyaarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim).

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah shalawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya shalawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya,”.

 

2. Membaca Doav

Dengan menjalankan amalan dan doa-doa ini, diharapkan Allah akan memudahkan perjalanan ibadah haji, meskipun menghadapi kenaikan biaya. Tetap semangat dan yakin bahwa Allah adalah Maha Pemurah dan Maha Mendengar doa hamba-Nya yang tulus.

 

IHRAM


Posting Komentar

0 Komentar