Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Keutamaan Sedekah di Hari Jum'at Amal Baik yang Memberi Keberkahan

 


 

Alhamdulillah, segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam. Semoga salawat dan salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah -Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarganya, dan sahabat-sahabatnya.

Hari Jum'at adalah salah satu hari teristimewa dalam seminggu. Allah telah menyiapkan banyak rahmat, permohonan yang dikabulkan, dan pahala besar bagi hamba-Nya yang beriman. Oleh karena itu, di hari yang mulia ini, kita dianjurkan untuk meningkatkan amal shalih dan ketaatan kepada Allah. Terdapat beberapa ibadah yang sangat dianjurkan pada hari Jum'at, seperti shalat Jum'at, memperbanyak salawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, membaca surat Al-Kahfi, dan lain sebagainya.

Salah satu amal shalih yang mendapat perhatian khusus dari para ulama adalah sedekah. Sedekah adalah tindakan memberi infak dan bantuan kepada yang membutuhkan, dan melakukannya di hari yang Allah limpahkan berkah dan kebaikan adalah sangat dianjurkan. Dikatakan bahwa memberi sedekah di hari Jum'at memiliki pahala yang lebih besar daripada memberi sedekah pada hari-hari lainnya.

Ibnul Qayyim Rahimahullah, seorang ulama terkemuka, pernah mengatakan tentang keutamaan hari Jum'at, "Memberi sedekah di hari Jum'at dibandingkan dengan memberi sedekah di hari-hari lainnya seperti memberi sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya."

Beliau juga memberikan kesaksian bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah -semoga Allah merahmatinya- biasanya membawa makanan atau barang-barang lain dari rumahnya ketika pergi shalat Jum'at dan memberikannya kepada orang-orang yang membutuhkan secara diam-diam di sepanjang jalan yang dilaluinya.

Salah satu guru beliau pernah berkata, "Jika Allah memerintahkan kita untuk memberi sedekah ketika kita berdoa kepada-Nya, maka memberi sedekah sebelum kita berdoa kepada Allah lebih utama dan memiliki banyak keutamaan."

Dalam salah satu penjelasan tentang hari Jum'at, disebutkan, "Sangat dianjurkan untuk memberi sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jum'at. Juga sangat dianjurkan untuk memperbanyak salawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam di siang dan malam hari Jum'at, sesuai dengan hadits yang menyatakan bahwa di antara hari-hari kalian yang paling utama adalah hari Jum'at. Oleh karena itu, perbanyaklah salawat di hari Jum'at, karena salawat akan disampaikan kepada saya."

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ka'ab, disebutkan bahwa "memberi sedekah di hari Jum'at memiliki pahala yang lebih besar daripada memberi sedekah pada hari-hari lainnya."

Meskipun ada beberapa ulama yang tidak sepakat mengenai keutamaan memberi sedekah di hari Jum'at dibandingkan dengan hari-hari lainnya, seperti yang disampaikan oleh Syaikh Abdurrahman al-Sahim, kita tetap dianjurkan untuk memberi sedekah kapan pun kita bisa. Tidak perlu mengkhususkan hari Jum'at. Namun, pada umumnya, memberi sedekah di hari Jum'at adalah perbuatan baik yang sangat dianjurkan dan bisa memberikan keberkahan bagi kita.

Semoga Allah menerima sedekah kita, memberi berkah pada rezeki kita, dan membalasnya dengan pahala yang melimpah. Wallahu A'lam.



Posting Komentar

0 Komentar