Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Bacaan Doa yang Dianjurkan pada Hari Jumat,Cara Mendekatkan Diri kepada Allah

 


Hari Jumat adalah salah satu hari yang istimewa bagi umat Islam. Allah SWT telah memberikan keutamaan dan peluang besar pada hari ini untuk berdoa. Dalam artikel ini, kita akan membahas waktu-waktu mustajab untuk berdoa pada hari Jumat dan doa-doanya yang dianjurkan.

Waktu Mustajab untuk Berdoa pada Hari Jumat

1. Setelah Sholat Ashar hingga Matahari Terbenam: Salah satu waktu mustajab untuk berdoa pada hari Jumat adalah setelah sholat Ashar hingga matahari terbenam. Rasulullah SAW pernah bersabda, "Carilah oleh kalian waktu-waktu yang mustajab pada Jumat setelah Ashar sampai tenggelamnya matahari."

2. Selama Sholat Jumat Berlangsung: Selama sholat Jumat berlangsung, terdapat waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Ini adalah saat ketika Allah SWT sangat responsif terhadap doa-doa hamba-Nya. Sejak dimulainya sholat Jumat hingga selesai adalah waktu yang sangat berharga untuk berdoa.

3. Saat Matahari Terbit: Waktu mustajab lainnya adalah saat matahari terbit pada hari Jumat. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa hari Jumat adalah salah satu hari yang paling istimewa, dan doa-doa yang dipanjatkan pada saat ini akan diijabahi oleh Allah SWT.


Doa yang Dianjurkan untuk Dibaca pada Hari Jumat

Salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada hari Jumat adalah "Doa Sayyidul Istighfar":

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّى ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، خَلَقْتَنِى وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَىَّ وَأَبُوءُ بِذَنْبِى ، اغْفِرْ لِى ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan selain Engkau, Engkau yang menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perjanjian dan janji-Mu, sejauh kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui semua nikmat-Mu atas diriku, dan aku mengakui dosaku. Maka ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau."

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca pada Jumat, terutama pada waktu yang mustajab. Bagi siapa pun yang mengamalkan doa ini dan meninggal dunia pada hari itu, ia dijanjikan pahala surga dari Allah SWT.

Dengan berdoa pada hari Jumat, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan-Nya, dan memperoleh berkah-Nya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kita dalam menjalankan ibadah pada hari Jumat dengan lebih khusyuk dan penuh keberkahan.

 

sumber: IQRA

Posting Komentar

0 Komentar