Hot Posts

6/recent/ticker-posts

10 Nasihat Terkenal dari Gus Baha, Termasuk Nasihat Optimis tentang Rezeki

 


KH Ahmad Bahauddin Nursalim, yang lebih dikenal sebagai Gus Baha, telah menjadi salah satu ulama favorit saat ini. Meskipun penampilannya sederhana, kekayaan ilmunya sangat dalam. Kajian-kajiannya yang tersedia di platform seperti Youtube banyak diminati dan ditonton.

Gus Baha adalah seorang ahli tafsir yang menguasai berbagai bidang ilmu, termasuk Fikih, Ushul Fikih, Tasawuf, Tauhid, Hadis, dan sejarah peradaban Islam. Kata-kata bijak atau kutipan-kutipan dari beliau mengenai hakikat hidup, keluarga, rezeki, jodoh, pendidikan, cinta, dan banyak lagi sering dikutip dan menjadi inspirasi.

Tidak heran bahwa Gus Baha, Pengasuh Ponpes Tahfidzul Qur’an LP3IA di Kragan, Narukan Rembang, dikenal sebagai seorang ulama yang mampu memberikan pencerahan dalam situasi zaman sekarang ini.

Di bawah ini, kami akan membahas 10 nasihat kehidupan yang terkenal dari Gus Baha. Salah satunya adalah nasihat yang membawa optimisme tentang rezeki.

1. Hidup yang keren adalah yang pola pikirannya menunggu waktu ibadah sambil melakukan kemanfaatan.

2. Hidup tidak usah dibuat sulit, tidak usah ruwet. Asal tidak maksiat, bisa menjadi pribadi yang menyenangkan dan bermanfaat bagi banyak orang serta tidak mengusik hidup orang lain, itu sudah cukup.

3. Syukur itu bisa ditandai dengan banyak senyum. Bagi saya, cemberut itu masalah besar, seperti nggak ridho dengan ketentuan Allah

4. Sekarang orang terbiasa sujud tapi mengeluh. Sudah capek begini, ternyata rezeki masih sulit. Kok masih enak yang tidak sujud? Artinya kamu belum melihat, sujud lebih nikmat daripada dunia dan seisinya.

5. Kayak apa celakanya kita, kalau bahagia menunggu maksiat dulu, harus melakukan hal yang buruk. Allah menyiapkan sekian kesenangan dari hal-hal yang dibolehkan.

6. Berbuat baik pada yang berbuat baik pada kita, itu orang fasik pun seperti itu, maling ya seperti itu: sama. Tapi kalau berbuat baik pada orang yang berbuat jelek pada kamu, itu baru luar biasa.

7. Jangan pernah putus asa saat merasa dalam kesulitan. Sebab Allah menyertakan kemudahan setelah kesulitan.

8. Saat kamu merasa tidak ada orang yang berada di pihakmu, tenanglah, masih ada Allah yang selalu ada bersamamu.

9. Kamu itu tidak usah khawatir soal rezeki. Sejak Allah menciptakan langit dan bumi telah memberi makan berbagai macam hewan, dan sampai sekarang rezeki itu belum habis. Apalagi sekadar memberi makan kamu.

10. Urip rasah digawe susah. Seng penting ora maksiat. Yowis ngono wae (Hidup tidak perlu dibuat susah. Yang penting tidak maksiat. Sudah begitu saja.

Selain memiliki nasihat kehidupan yang terkenal, juga banyak kata bijak Gus Baha. Ini rangkumannya.

Baha merupakan seorang alim yang konsentrasi pada keilmuan ahli tafsir yang mendapat tentang pengetahuan Al-qur'an. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar