Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Profil Olly Dondokambey: Gubernur Terkaya di Indonesia dengan Harta Naik Drastis dalam Setahun

 


Harta kekayaan Olly Dondokambey telah mengalami peningkatan hampir dua kali lipat dalam kurun waktu satu tahun, menjadikannya gubernur terkaya di Indonesia saat ini. Data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mengungkapkan lonjakan tajam dalam kekayaan Gubernur Sulawesi Utara ini.

Menurut laporan LHKPN yang dikeluarkan pada tanggal 30 Maret 2023 dengan periode tahun 2022, harta kekayaan Olly Dondokambey mencapai angka yang mengesankan, yaitu Rp422.006.421.066 atau sekitar Rp422 miliar. Peningkatan ini sungguh mencolok, sehingga mendapatkan perhatian luas dan menyebabkan dia disebut-sebut sebagai gubernur terkaya di Indonesia. Ini merupakan lonjakan drastis dalam kekayaannya hanya dalam satu tahun.

Pada laporan LHKPN tahun sebelumnya, tanggal 31 Maret 2022 dengan periode tahun 2021, harta kekayaan Olly Dondokambey tercatat sebesar Rp223.880.344.788. Lonjakan seperti ini dalam jangka waktu singkat membuat banyak orang penasaran dengan sosok Olly Dondokambey.

Profil Olly Dondokambey

Olly Dondikambey lahir di Manado pada tanggal 18 November 1961. Saat ini, ia menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara sejak tahun 2016, atau sudah dua periode. Olly adalah seorang politikus yang berasal dari PDI Perjuangan dan telah memegang sejumlah jabatan strategis di dalam partai tersebut.

Di tingkat nasional, Olly pernah menjabat sebagai Bendahara DPP PDI Perjuangan dan bahkan pada tahun 2009, ia dipercayakan sebagai Bendahara Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI. Di tingkat lokal, Olly pernah terpilih menjadi Ketua DPD I PDI Perjuangan Sulawesi Utara pada tahun 2012. Ia juga terpilih kembali untuk memimpin PDI Perjuangan SUlut pada periode 2015-2020. Ia merupakan satu-satunya kader PDI Perjuangan di Indonesia yang menjabat sebagai Ketua DPD sekaligus memiliki jabatan di DPP.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara, Olly memulai karier politiknya sebagai anggota DPR RI. Ia pernah menjabat sebagai anggota Komisi XI DPR RI selama periode 2004-2009. Setelah satu tahun menjabat sebagai wakil rakyat, ia dipercayakan sebagai Wakil Ketua Komisi XI DPR RI.

Pada Agustus 2013, Olly berhasil menjabat sebagai Ketua Komisi XI DPR RI, menggantikan Emir Moeis yang terjerat kasus korupsi. Namun, pada tahun 2016, Olly meninggalkan jabatannya di DPR RI karena ingin maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Utara, dengan Steven Kandouw sebagai wakilnya.

Dekat dengan Megawati Soekarnoputri

Sebagai politikus senior PDI Perjuangan, Olly Dondokambey dikenal dekat dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Ia dianggap sebagai salah satu orang kepercayaan Megawati dan sering diminta untuk mendampingi Megawati dalam berbagai acara penting.

Salah satu contohnya adalah saat Megawati melakukan kunjungan ke Korea Selatan pada tanggal 14-18 September 2022. Olly Dondokambey mendampingi Megawati dalam sejumlah kegiatan, termasuk penandatanganan perjanjian kerja sama bidang pangan antara Jeju National University dan Badan Riset Inovasi Nasional serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Profil Olly Dondokambey mencerminkan perjalanan politik yang panjang dan kesetiaannya terhadap PDI Perjuangan. Lonjakan tajam dalam kekayaannya menarik perhatian publik, sehingga mungkin memerlukan klarifikasi lebih lanjut untuk memahami asal-usul dan kelangsungannya. Seiring dengan meningkatnya kekayaan publik figur, penting untuk menjaga integritas dan kredibilitas dalam mengelola harta kekayaan secara transparan sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

sumber: SUARA.com

Posting Komentar

0 Komentar