Selasa, 06 Maret 2018

Hoax itu Musuh Bersama,...


HOAX atau Berita Bohong yang banyak tersebar selama ini begitu menjijikan. Bagi saya, yang pernah bekerja di beberapa perusahaan media, tentu terbiasa dengan informasi-informasi yang sesuai fakta, sehingga ketika mengahadapi berita-berita hoax, seakan hati ini tak bisa menerimanya, bahkan saya merasa jijk.

Berita Hoax atau bohong, dan cenderung fitnah, dinyatakan Haram menurut fatwa MUI. Karena itu, berita Hoax begitu menjijikan :)

Hoax itu musuh kita bersama, bukan hanya Narkoba yang merusak bangsa ini. Jadi, janganlah kita ikut meyebarluaskan Hoax, karena itu justru akan membuat orang banyak tertipu, dan tentunya kita yang menyebarluaskan ikut bersalah.

Kalau di dalam Islam, kita dikenalkan dengan istilah Tabayyun, sedangkan di dalam dunia jurnalistik kita mengenal Cek, Ricek,kalau perlu Triple Cek :) Jadi, jangan asal percaya dengan informasi yang bersifat provokatif, telusuri dulu dan jangan mudah terpancing untuk ikut menyebarluaskannya.

Intnya,kalau kita mendapat berita baik dan kita ikut menyebaruaskannya,maka kitapun akan mendpatkan nilaikebaikan. Tapi,bila infomai itu tidak baik,tentu kita tidak akan mendapatkan kebaikan.


sumber Gambar: Tees Indonesia (desain: Sukarja)







Baca juga:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar