Uang Tak Pernah Membuat Manusia Bahagia (?) - sekadar ngeblog...
"Uang belum pernah dan tak akan pernah membuat manusia bahagia. Makin banyak orang punya uang, makin banyak lagi yang dia inginkan. Uang membuat orang terus-menerus mengisi sesuatu yang kosong.” Benjamin Franklin (1706–1790), ilmuwan, filsuf, dan penemu asal AS.

Benarkah apa yang diucapkan seorang Benjamin Franklin seperti tersebut di atas? Apa yang diungkapkan Tokoh Amerika ini tentu beralasan. Dia seorang ilmuwan juga seorang filsuf tentu bisa lebih memaknai sebuah persoalan dari sisi mata hatinya. Dan, kadang setelah sekian lama kita pikirkan, apa yang diungkapkan seseorang sekaliber filsuf akan  tampak sisi kebenarannya, apalagi bila kita melihat kenyataan hari-hari belakangan ini. Yang kaya akan semakin kaya, dan si kaya seperti tak lagi peduli dengan sekitarnya.

Namun, mengapa foto Benjamin Franklin justru diabadikan oleh negaranya dalam gambar mata uang US$? Entahlah, mungkinkah Amerika sekadar ingin memberikan kesadaran bahwa semakin banyak uang yang kita miliki, sebaiknya kita mengingat pesan sang filsuf itu :)

Tapi sepertinya orang tak lagi mengingat pesan bijak itu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Pages